ANALISIS SINKRONITAS RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) DENGAN RENCANA TUGAS SEMESTER MAHASISWA (RTM) DAN RENCANA EVALUASI PEMBELAJARAN (REP) DOSEN FKIP UNISRI TAHUN 2018

Sri Hartini & Hera Heru SS

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sinkronitas Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dengan Rencana Tugas Semester Mahasiswa (RTM) dan Rencana Evaluasi Pembelajaran (REP) Dosen FKIP UNISRI tahun 2018.
Tempat Penelitian: di FKIP Universitas Slamet Riyadi,. Waktu Penelitian : 1 Tahun (:Tahun 2018 ), Subtek Penelitian: Dosen FKIP UNISRI,. Obyek Penelitian: Analisis Sinkronitas Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Dengan Rencana Tugas Semester Mahasiswa (RTM) Dan Rencana Evaluasi Pembelajaran (REP) Dosen Fkip Unisri Tahun 2018,Unit Analisis : Perangkat Pembelajaran Dosen FKIP sejumlah 76 set, Metode Penelitian:Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Dokumentasi dan Observasi,Keabsahan Data:untuk menguji keabsahan data digunakan teknik Triangulasi Metode.dan Teknik Analisis Data: Deskriptif Kualitatatif.
Hasil Penelitian: 1.Jumlah Perangkat Pembelajaran yang dianaliasis dari Prodi :76 Set RPS,RTM dan REP. 2.Perangkat Pembelajaran yang memuat CPL,CPMK dan Sub CPMK dan Sinkron sebanyak 19 perangkat pembelajaran (25%).3.CPL tidak ada tapi CPMK dan Sub CPMK ada dan Sinkron,sebanyak 54 perangkat (71%). 4.Panduan Penyusunan Kurikulum yang Digunakan ada 3 macam yakni yang menggunakan Panduan KBK Lama sebanyak 5 perangkat , Panduan KPT 2014 sebanyak 56 perangkat dan Panduan KPT 2016 (terbaru) sebanyak 15 perangkat. 5.Ketidaksinkronan antara RPS, RTM, dan REP sebanyak 13 perangkat (17 %). 6.Sinkronitas antara RPS. RTM dan REP sebanyak 54 perangkat (71%).7.Tidak ada RTM 9 perangkat (12%). 8. Rumusan Level Cognitif masih di Level Rendah C2 dan C3 sebanyak 20 perangkat (26,3%) namun di RTM sudah menunjukkan adanya penerapan Level Cognitif tingkat Tinggi. 9. Ketidakberimbangan antara Tugas Individu dan Kelompok sebanyak 1 perangkat (1,3%).

Teks Lengkap:

PDF