PROSES ETL (EXTRACT TRANSFORMATION LOADING) DATA WAREHOUSE UNTUK PENINGKATAN KINERJA BIODATA DALAM MENYAJIKAN PROFIL MAHASIWA DARI DIMENSI ASAL SEKOLAH

Yetli Oslan & Harianto Kristanto

Sari


Biodata mahasiswa merupakan salah satu data utama dalam basis data akademik di sebuah perguruan tinggi. Biodata mahasiswa diisi sejak yang bersangkutan menjalani proses mendaftar sebagai calon mahasiswa, lalu dilengkapi lagi saat registrasi sebagai mahasiswa baru, dan terus diperbaharui lagi sampai dengan mahasiswa tersebut lulus dan berubah status menjadi alumni. Salah satu atribut dalam biodata mahasiswa adalah atribut yang menyimpan informasi tentang asal SMA dari seorang mahasiswa. Informasi tentang asal SMA menjadi salah satu dimensi yang banyak digunakan program studi dalam melakukan evaluasi diri. Persoalan yang terjadi, data yang diisikan pada atribut ini banyak yang „kotor‟, bias, dan tidak valid sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan pandangan pemakai atas profil mahasiswa.
Metode penelitian yang dipakai adalah mengumpulkan dan mendokumentasikan biodata mahasiswa. Langkah selanjutnya adalah menyusun berbagai kemungkinan pandangan pemakai atas profil mahasiswa, kemudian menyusun skema multidimensional database dan melakukan ETL biodata mahasiswa, diakhiri dengan mengukur kinerja dari biodata dalam memenuhi kebutuhan pandangan pemakai atas profil mahasiswa.
Penelitian ini merekomendasikan agar dilakukan perubahan antar muka pada sistem pencatatan biodata, dengan mengganti text box menjadi combo box yang terhubung dengan tabel Ref_Sekolah.dbf. Perlu ditambahkan tabel untuk menyimpan kategori sekolah berdasarkan pengelompokkan yang diinginkan, sehingga memperluas dimensi analisis atas profil mahasiswa.
Kata kunci: ETL, kinerja biodata mahasiswa, dimensi asal sekolah

Teks Lengkap:

PDF