GAMBARAN PERILAKU SEKS PRANIKAH PADA NELAYAN DI PANTI DEPOK YOGYAKARTA

Sri Setyowati & Nasrul Hakim

Sari


Latar Belakang : Masa remaja adalah masa kesehatan yang baik. Dalam mendapatkan kebebasan, banyak remaja yang mempunyai perilaku beresiko, termasuk penyalahgunaan narkoba , alkohol, tembakau dan aktivitas seksual yang bukan pasangan resmi. Infeksi menular seksual (IMS) adalah akibat lain dari perilaku seksual berisiko. IMS termasuk human immunodeficiency virus/ Acquired immunodeficiency syndrome (HIV/AIDS) lebih sering mengenai remaja daripada dewasa (CDC, 2011 dalam Elsevier, 2019). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku seksual pranikah pada nelayan di Pantai Depok Bantul Yogyakarta.
Metode : Jenis penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Populasi nelayan di TPI Mina Bahari 45 (Tempat Pelelangan Ikan) Mina Bahari 45 Depok Bantul Yogyakarta sebanyak 26 nelayan. Dengan teknik accidental sampling. Data diperoleh dengan kuesioner perilaku seksual pra nikah. Yang dikategorikan menjadi dua kategori yaitu perilaku seksual tinggi dan perilaku seksual rendah yang diperoleh dengan Analisis univariat. Data diperoleh dalam penelitian berjudul Hubungan Spiritualitas dan Tingkat Pengetahuan Tenteng HIV/AIDS dengan Perilaku Sek Pranikah Pada Nelayan Di Pantai depok Yogyakarta.
Hasil : karakteristik responden berdasarkan umur 16-20 tahun sebanyak 9 orang (34,62%), 21-25 sebanyak 11 orang (42,30%) dan umur 26-30 sebanyak 6 orang (23,08%). Karakteristik responden berdasarkan jenis kelamin laki-laki sebanyak 26 (100 %) dan berdasarkan tingkat pendidikan SD 4 orang (15,38%),SMP sebanyak 15 orang (57,70%) dan SMA sebanyak 7 orang (26,92%). Sedangkan karakteristik responden berdasarkan agama yang dianut sebanyak 26 orang (100%) beragama islam. Dengan hasil perilaku sek pra nikah responden yang mempunyai tingkat pengetahuan tinggi sebanyak 13 responden (50.0 %), responden yang mempunyai tingkat pengetahuan rendah sebanyak 13 responden (50.0 %).
Simpulan : Perilaku sek pranikah pada nelayan di Pantai Depok Yogyakarta dipengeruhi oleh beberapa factor yaitu umur, tingkat pendidikan, usia, kegiatan keagamaam serta lingkungan.
Kata Kunci : Perilaku Sek Pranikah, Nelayan

Teks Lengkap:

PDF