TRANSFORMASI MODEL PEMBELAJARAN MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN DENGAN BRAINSTORMING DAN PENGALAMAN BELAJAR LANGSUNG BAGI MAHASISWA

Authors

  • Riana Rachmawati Dewi & Solichul Hadi

DOI:

https://doi.org/10.33061/rsfu.v3i1.2607

Abstract

Semakin minimnya jumlah lapangan pekerjaan setiap tahun menjadikan masalah yang serius karena berdampak pengangguran yang semakin meningkat. Perusahaan semakin selektif menerima karyawan baru tetapi berbanding terbalik dengan minat generasi muda yang mau dan mampu berwirausaha masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguji varibel yang mempengaruhi minat mahasiswa berwirausaha di Universitas Islam Batik Surakarta. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan dengan metode purposife sampling. Analisa data menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi, mata kuliah kewirausahaan, efikasi diri pada pengalaman, secara langsung dapat mempengaruhi minat mahasiswa berwirausaha. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan implikasi untuk UNIBA Surakarta dalam bentuk desain pembelajaran yang diterapkan pada periode mendatang.
Kata kunci : minat berwirausaha, mata kuliah kewirausahaan, motivasi, efikasi diri

PlumX Metrics

Published

2019-01-11