IMPLEMENTASI ROADMAP FOR CLOUD COMPUTING ADOPTION (ROCCA) UNTUK MEDIA DAKWAH PADA ORGANISASI MUHAMMADIYAH

Nugroho Agung Prabowo & Purwono Hendradi

Sari


Pemanfaatan teknologi cloud computing sudah menjadi kebutuhan dalam pengembangan infrastruktur Teknologi Informasi. Teknologi ini merupakan solusi atas keterbatasan kemampuan server yang telah dimiliki oleh organisasi dalam menyediakan kapasitas dan kapabilitas yang terus bertambah.
Dalam penelitian ini dilakukan studi penggunaan model Roadmap for Cloud Computing Adoption (ROCCA) untuk menjawab tantangan perkembangan media dakwah yang berbasis pemanfaatan teknologi informasi di organisasi kemasyarakatan Muhammadiyah. Model adopsi ini perlu diteliti karena model ROCCA sudah banyak di implementasi dibidang industri, bisnis dan pemerintahan tetapi di bidang media sosial kemasyarakan belum diteliti secara komprehensif.
Penelitian ini bermanfaat untuk lebih memahami tahapan-tahapan dalam model adopsi ROCCA yang terdiri dari 5 (lima) tahapan yaitu analisis, perancangan, adopsi, Migrasi dan pengelolaan yang disesuaikan dengan karakterisktik kebutuhan di Muhammadiyah. Hasilnya akan menjadi model pengembangan implementasi private cloud dan layanan infrastruktur as a service (IaaS) media dakwah di organisasi Muhammadiyah.
.
Kata-kata kunci: cloud computing, ROCCA, Private cloud, Iaas

Teks Lengkap:

PDF