EVALUASI PRAKTIK PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PEMULA OLEH GURU DI PONDOK PENSANTREN AL-AMIEN PRENDUAN

Authors

  • Mohammad Rudiyanto & R. Agus Budiharto

DOI:

https://doi.org/10.33061/rsfu.v3i1.2602

Abstract

Sejumlah besar penelitian mengungkapkan bahwa hasil belajar siswa sangat pengaruhi oleh bagaimana guru melakukan tugas mereka terutama di ruang kelas.Penampilan mengajar mereka sangat tergantung pada sejumlah aspek dan apakah mereka terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mengajar mereka atau tidak. Penelitian ini meneliti praktik pembelajaran profesional yang dilakukan oleh guru Bahasa Inggris Asing untuk pemula, khususnya mereka yang mengajar di Pesantren yang menyelenggarakan program Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Studi kasus digunakan dengan melibatkan empat Guru Bahasa Inggris dan Sekolah. Studiini mengungkapkan kesulitan mengajar guru, termasuk manajemen kelas yang terutama disebabkan oleh ukuran kelas dan kurangnya pengalaman dan otoritas untuk mengelola kelas; penekanan persiapan rencana pelajaran; dan memotivasi siswa untuk belajar bahasa Inggris, yang mengakibatkan stres guru. Hal ini juga mengungkapkan bahwa pesantren ini belum menetapkan program TPD untuk guru dan guru EFL pemula, hal ini dimungkinkan karena tidak mendapatkan dukungan yang diperlukan dari sekolah dan guru senior meskipun ada pengawasan informal dari guru senior. Umpan balik dari para guru senior dan partisipasi dalam pelatihan yang diselenggarakan oleh kementerian agama yang menghadiri pertemuan asosiasi guru bahasa Inggris biasa digunakan untuk meningkatkan profesionalisme mereka.
Akhirnya, hambatan pembelajaran profesional guru EFL diasosiasikan dengan sikap mereka terhadap kebutuhan pembelajaran berkelanjutan dan program terbatas untuk meningkatkan kompetensi guru.
Kata kunci: Guru pemula, EFL, Pembelajaran Profesional, Pesantren

PlumX Metrics

Published

2019-01-11