GENERATOR PEMILIHAN JADWAL KULIAH DENGAN TEKNIK PENELUSURAN, PENYARINGAN DAN PERANGKINGAN

Katon Wijana, Yetli Oslan & Harianto Kristanto

Sari


Stategi pengambilan mata kuliah oleh mahasiswa pada saat registrasi sangat menentukan masa studi mahasiswa. Masalah yang sering timbul adalah mahasiswa lebih fokus untuk memilih mata kuliah yang baru, mengambil mata kuliah yang sama dengan teman dekatnya, mengambil jumlah SKS yang terlalu sedikit, menghindari mata kuliah yang dianggap tidak menarik. Hal ini sangat berdampak pada gagalnya menyelesaikan studi dalam batas waktu yang tersedia (maksimal 14 semester).
Untuk keperluan penentuan mata kuliah yang penting untuk diambil dapat dilakukan dengan cara memberikan bobot (ranking). Pembobotan dilakukan dengan mempertimbangkan mata kuliah berprasyarat, kesesuaian dengan semester mahasiswa yang bersangkutan, dan hasil studi mahasiswa (mata kuliah yang sudah ditempuh dan lulus).
Metode penelitian yang dipakai adalah mengumpulkan dan mendokumentasikan jadwal kuliah yang digunakan pada program studi. Langkah selanjutnya adalah menentukan bobot (rangking) mata kuliah berdasarkan kepentingan mahasiswa, kemudian merancang basis data yang sesuai agar dapat dilakukan penelusuran, penyaringan, dan perangkingan yang dapat menghasilkan jadwal mata kuliah paling optimal agar masa studi mahasiswa minimal.
Penelitian ini menghasilkan luaran berupa perangkat lunak yang dapat digunakan untuk memilih jadwal kuliah saat registrasi sehingga mahasiswa dapat alternatif jadwal kuliah yang sudah ditampilkan urut prioritas (rangking). Dengan aplikasi iini diharapkan mahasiswa dapat menempuh studi dengan masa studi yang efisien.
Kata kunci: Registrasi, pemilihan jadwal, peringkat mata kuliah, pencarian, penyaringan

Teks Lengkap:

PDF