ANALISIS RETURN ON EQUITY, CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Survei pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2016)

Authors

  • Untung Sriwidodo & Sumaryanto

DOI:

https://doi.org/10.33061/rsfu.v3i1.2597

Abstract

Untuk meningkatkan nilai perusahaan,faktor-faktor yang harus diperhatikan adalah: ROE, CSR dan GCG, Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis signifikansi pengaruh ROE, CSR, dan GCG terhadap nilai perusahaan. Hipotesis penelitian ini adalah diduga ada pengaruh signifikan ROE terhadap nilai perusahaan, pengaruh signifikan CSR terhadap nilai perusahaan dan pengaruh signifikansi GCG terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode survei yang dilakukan pada website masing-masing perusahaan sampel. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi.Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 34 perusahaan. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian dengan analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa ROE mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan (t hitung = 4,852 ; Sig. = 0,000), pengungkapan CSR tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan (t hitung = -0,390 ; Sig. = 0,690), dan GCG tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan ( t hitung = - 0,062; sig. 0,947), dan hasil uji F (F hitung = 7,965; sig. 0,000) secara bersama-sama variabel ROE, CSR, GCG berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.
Kata kunci: Nilai Perusahaan, Return On Equity, corporate social responsibility, good corporate governance.

PlumX Metrics

Published

2019-01-11