SINERGITAS ANTAR STAKEHOLDER DALAM PENYELENGARAAN KAMTIBMAS DI KELURAHAN GILINGAN KECAMATAN BANJARSARI KOTA SURAKARTA

Joko Pramono & Wulan Kinasih

Sari


Rasa aman merupakan kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap Negara terhadap warga negaranya. Penyelenggaraan kamtibmas merupakan wujud dari governance. Governance dapat berjalan dengan baik dengan adanya sinergitas antar stakeholder. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan sinergitas antar stakeholder dalam penyelenggaraan Kamtibmas di Kelurahan Gilingan Kecamatan Banjarsari Surakarta. Sinergitas menjadi salah satu faktor penting dalam hubungan antar stakeholder sehingga tujuan tercapai.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil data kemudian dianalisis menggunakan analisis model intaraktif Miles dan Hubberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi sinergitas yang cukup baik dalam pelaksanaan kamtibmas di kelurahan Gilingan. Sinergitas inside stkaholder dilihat dari segi komunikasi dan koordinasi terjalin dengan baik. Sinergitas outside stakeholder kurang terjalin dengan baik.
Kata Kunci: Sinergitas, Stakeholder, Kamtibmas

Teks Lengkap:

PDF