PENGARUH ATRIBUTES IMAGE RESTORAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN NIAT BERPERILAKU (Survei Pada Konsumen Violet Resto Solo)

Authors

  • MD Rahadhini & Lamidi

DOI:

https://doi.org/10.33061/rsfu.v3i1.2582

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh restaurant image terhadap kepuasan konsumen; dan menganalisis kepuasan konsumen sebagai mediasi pengarug restaurant image terhadap niat berperilaku. Penelitian ini merupakan survei. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi penelitian adalah konsumen Violet Resto Solo. Sampel ditentukan sebanyak 115 responden dengan metode convenience sampling, yaitu konsumen yang melakukan pembelian di Violet Resto Solo. Pengujian validitas menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA), dan Cronbach’s Alpha untuk uji reliabilitas. Analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan program Amos. Temuan penelitian menunjukkan bahwa restaurant image berpengaruh terhadap kepuasan konsumen; dan kepuasan konsumen memediasi pengaruh restaurant image terhadap behavioral intentions. Implikasi penelitian hendaknya Violet Resto perlu mengkombinasikan atribut-atribut penting yang dapat membentuk image restoran yang baik yaitu lingkungan fisik, kualitas makanan dan kualitas pelayanan sehingga kepuasan konsumen dapat diperoleh, dimana kepuasan akan mempengaruhi behavioral intentions.
Kata kunci: restaurant image, kepuasan konsumen, niat berperilaku

PlumX Metrics

Published

2019-01-11