PERANAN KARAKTERISTIK TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PERILAKU KONSUMEN ONLINE (PENDEKATAN CONSUMERS DECISION JOURNEY THEORY)

Authors

  • Irwan Christanto Edy & Shandi Marsono

DOI:

https://doi.org/10.33061/rsfu.v3i1.2571

Abstract

Dewasa ini perilaku konsumen online menjadi fenomena yang menarik untuk diteliti. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan memverifikasi model pengaruh faktor karakteristik teknologi informasi pada tahapan perjalanan keputusan pembelian konsumen (Mckinsey, 2009) dalam konteks konsumen online. Penelitian ini mengunakan populasi yaitu manajer/staf lembaga bisnis dan perbankan yang ada di kota Surakarta. Penelitian menggunakan metode surve. Instrumen pengumpulan data dengan kuesioner. Jumlah responden yang digunakan adalah 100 orang. Teknik pengumpulan data dengan convinience sampling yaitu pengambilan sampel didasarkan pada ketersediaan elemen dan kemudahan untuk mendapatkannya. Sampel diambil/terpilih karena sampel tersebut ada pada tempat dan waktu yang tepat. Cara ini paling murah dan cepat dilakukan karena peneliti memiliki kebebasan untuk memilih siapa saja yamg dapat temui. Pengujian instrumen menggunakan validitas dan reliabilitas. Analisis statistik dengan Warpls karena keterbatasan data dan data tidak berdistribusi Normal. Hasil penelitian menunjukan bahwa karakteristik teknologi informasi berpengaruh tidak signifikan pada setiap tahapan dalam proses perjalanan keputusan pembelian konsumen online.
Kata Kunsi : Model, Karakteristik Teknologi Informasi, Perilaku Konsumen Online

PlumX Metrics

Published

2019-01-11