FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESEDIAAN BERBELANJA DI PASAR TRADISIONAL WILAYAH KABUPATEN SUKOHARJO

Bambang Nur Cahyaningrum & Purwanto

Sari


Pasar tradisional di wilayah Kabupaten Sukoharjo banyak yang tidak digunakan oleh penyewanya untuk berjualan, karena sepi pengunjung yang mau berbelanja. Penelitian ini untuk melihat apakah faktor-faktor resiko, kepercayaan sosial, persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi reputasi, dan kepercayaan, mempengaruhi kesediaan berbelanja di pasar tradisional. Populasi dan sampel penelitian adalah masyarakat di wilayah Kabupaten Sukoharjo. Analisis data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan AMOS. Responden penelitian 150 responden. Penelitian ini melibatkan mahasiswa dalam pengumpulan data maupun dalam proses pelaksanaan lainnya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa persespi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kepercayaan, persepsi resiko, persepsi kepercayaan sosial, persepsi reputasi, tidak berpengaruh positif terhadap kesediaan berbelanja di pasar tradisional. Sikap konsumen berpengaruh positif terhadap kesediaan berbelanja di pasar tradisional. Persepsi manfaat berpengaruh positif terhadap persepsi kepercayaan sosial. Persepsi kepercayaan sosial berpengaruh positif terhadap persepsi reputasi. Persepsi manfaat tidak berpengaruh positif terhadap persepsi reputasi. Persepsi reputasi tidak berpengaruh positif terhadap persepsi kepercayaan. Persepsi kepercayaan sosial tidak berpengaruh positif terhadap persepsi kepercayaan. Persepsi kepercayaan berpengaruh positif terhadap sikap konsumen pada pasar tradisional.
Kata kunci: pasar, belanja, masyarakat

Teks Lengkap:

PDF