PENGUKURAN PREFERENSI STAKEHOLDER EKSTERNAL TERHADAP CITRA PERGURUAN TINGGI SWASTA

Authors

  • Arif Julianto Sri Nugroho & Sarwono Nursito

DOI:

https://doi.org/10.33061/rsfu.v3i1.2564

Abstract

Angka partisipasi lulusan SMTA yang melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan tinggi masih rendah. Disatu sisi masih banyak warga negara yang mengalami kesulitan ekonomi sehingga terkendala menyekolahkan anaknya ke jenjang pendidikan tinggi disisi lain masih banyak PTS yang memiliki mutu dibawah standar minimal sehingga kesulitan mendapatkan calon mahasiswa baru untuk kelancaran operasi. Tujuan penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi pelajar untuk memilih Prodi dan PT Unggulan meliputi dimensi image dan status akreditasi, biaya dan beasiswa, faktor Sumber Daya Manusia, bukti fisik, motivasi dan faktor kelompok.
Metode penelitian dilakukan menggunakan survey. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk menggali data (explore) dari responden dengan kuesioner yang tertutup maupun kuesioner terbuka. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik non probability sampling tipe accidental sampling, yaitu metode penetapan sampel berdasarkan kebetulan, siapa saja anggota populasi yang ditemui peneliti dan bersedia menjadi responden untuk dijadikan sampel sebanyak 20 responden. Analisis multivariat yang digunakan melalui analisis faktor. Hasil uji memberikan hasil dimensi image dan status akreditasi, biaya dan beasiswa , faktor Sumber Daya Manusia, bukti fisik, motivasi dan kelompok memiliki peranan memotivasi siswa untuk memilih program studi dan PT unggulan. Uji dimensi analisis faktor, faktor image dan status akreditasi, beaya dan beasiswa merupakan faktor dominan sebagai peubah karena memiliki initial eigenvalues dan extraction sums of squarred loading lebih besar dibandingkan dengan dimensi yang lain
Key words : preferensi citra PT, analisis faktor, keunggulan bersaing

PlumX Metrics

Published

2019-01-11