Analisis Kecenderungan Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi .(Studi Kasus.Pada Siswa Kelas Xi IPA.5 SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2020/2021).

Authors

  • Yana Nafi' Kusumastuti Universitas Slamet Riyadi
  • AR Koesdyantho universitas slamet riyadi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kecenderungan melanjutkan studi ke perguruan tinggi studi kasus pada siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik dari kelas XI IPA 5 Tahun Pelajaran 2020/2021, selain itu narasumber lainnya seperti guru BK, wali kelas, orang tua, dan teman sebaya. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik wawancara dimaksudkan untuk memperoleh informasi berupa pernyataan langsung dari peserta didik dan narasumber, teknik observasi dimaksudkan untuk memperoleh data berupa pengamatan secara langsung kegiatan sehari-hari peserta didik, dan teknik dokumentasi dimaksudkan untuk memperoleh data tertulis serta foto kegiatan peserta didik dan narasumber.Teknik analisis data yang digunakan bersifat induktif, dengan 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.

Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa kecenderungan peserta didik dalam melanjutkan studi ke perguruan tinggi ada, tetapi peserta didik lebih memfokuskan diri dalam mengembangkan keterampilan untuk mempersiapkan diri di dunia pekerjaan. Selain itu, minat dan kekuatan motivasi yang di miliki peserta didik tinggi untuk memfokuskan diri di bidang tertentu. Peserta didik sudah mampu melibatkan dirinya secara aktif dalam kegiatan pembelajaran dan peningkatan keterampilan untuk mencapai tujuannya. Dalam mengembangkan karir ada beberapa faktor yang mempengaruhi di antaranya orang tua, teman sebaya, lingkungan sekolahan, bakat dan kemampuan, minat dan sosial ekonomi. Meskipun demikian, pesertadidikmenganggap pendidikan merupakan jalur untuk mengembangkan diri dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan keterampilan untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi dunia kerja di masa yang akan datang.

 

Kata kunci : Analisis, perguruan tinggi

 

References

Imam Gunawan. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta : Bumi Aksara.

Mamat Supriatna. 2011. Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi Orientasi Dasar Pengembangan Profesi Konselor. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Muhammad Zahid Hamdani. 2013. Analisis Minat Siswa Kelas IX MTS Negeri Jatinom Klaten Tahun Pelajaran 2017/2018 Dalam Melanjutkan Studi Lanjut Ke Sekolah Menengah Atas Dan Sederajat. Skripsi : Institut Agama Islam Negeri Surakarta. Diunduh tanggal 19 Juni dari http://eprints.iain-surakarta.ac.id//.

Slamet Riyadi & Rochmanudin & Narni. 2016. Materi Layanan Klasikal Bimbingan&Konseling. Yogyakarta : Paramitra.

Sudaryono. 2017. Metodologi Penelitian. Depok : PT RajaGrafindo Persada.

Sri Rahayu. 2018. Analisis Faktor Keberminatan Untuk Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Alumni SMA Negeri 1 Sambas. Skripsi : Universitas Tanjungpura Pontianak. Diunduh tanggal 19 Juni dari http://jurnal.untan.ac.id//.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2021-07-09