Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Reframing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Positif Siswa Di SMPN 3 Pademawu Pamekasan

Authors

  • Sri Wahyuni Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Ishlakhatus Sa'idah Institut Agama Islam Negeri Madura

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan peneliti ketika melaksanakan wawancara kepada guru BK yang ada di SMPN 3 Pademawu. Menurutnya, permasalahan yang rentan dialami siswa di sana adalah ketidakmampuan berpikir positif mengenai permasalahan yang berkaitan dengan sekolah. seperti tidak mengerjakan PR, atribut tidak lengkap, terlambat sekolah, tidak menghadiri ekstrakurikuler dan lain-lain. Sikap seperti itu muncul karena kebanyakan dari mereka memiliki pemikiran yaitu mereka bersekolah yang penting lulus dan banyak dari mereka setelah itu tidak melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.Permasalahan yang terjadi karena pikiran salah satu alternatifnya yaitu menggunakan teknik reframing, sehingga judul dalam penelitian ini adalah “Efektivitas Konseling Kelompok dengan Teknik Reframing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Positif Siswa di SMPN 3 Pademawu Pamekasan “.Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji efektivitas konseling kelompok dengan teknik reframing dalam meningkatkan kemampuan berpikir positif siswa di SMPN 3 Pademawu Pamekasan.  Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian design pre experimental bentuk rancangan one group pre test-post test yaitu pengukuran diawal dan diakhirSubjek dalam penelitian ini sebanyak 6 orang. Dengan menggunakan anilisis non parametrik uji Wilcoxon, hasil analisis signifikansi dalam penelitian ini yaitu diperoleh nilai asymp sig 0,027 ˂ 0,05. Sehingga dalam penelitian ini Hipotesis diterima yaitu konseling kelompok dengan teknik reframing efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir positif siswa di SMPN 3 Pademawu Pamekasan.

Kata Kunci: Konseling Kelompok, Teknik Reframing, Kemampuan Berpikir Positif

References

Elfiky, Ibrahim. 2009. Terapi Berpikir Positif. Jakarta : PT Ikrar Mandiri Abadi

Monica, n. G. 2019. Efektivitas Konseling Kelompok dengan Teknik Rasional Emotive Behavior Therapy (rebt) untuk Meningkatkan Self-regulation pada Peserta Didik dalam Menghadapi Ujian Akhir Semester (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung)

Nursalim, Mochamad. 2013. Strategi dan Interverensi Konseling. Jakarta : Permata Puri Media

Purwanto. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Refanthira, N. 2021. Teknik Reframing untuk mengurangi pemikiran negatif pada wanita depresi dengan gejala psikotik (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Schwartz, David J. 2007. Berpikir dan Berjiwa Besar. Batam : Binarupa Aksara

Siswanto. 2015. Filsafat dan Pemikiran Pendidikan Islam. Surabaya : Cv. Salsabila Putra Pratama

Soedarmadji, Boy dan Sutijono. 2005. Model-Model Konseling. Surabaya : University Press UNIPA.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Utamaya, Erlina Latifah dkk. 2013. Penerapan Konseling Kelompok dengan Strategi Reframing untuk Meningkatkan Motivasi siswa Mengikuti Pelajaran di Kelas.Jurnal Bimbingan dan Konseling.01(01)(2013).

Waluya, B. 2007. Sosiologi: Menyelami fenomena sosial di masyarakat. PT Grafindo Media Pratama.

Warsidi, Edi. 2010. Membaca Pikiran Orang Lain Sejelas Membaca Buku. Jakarta : PT Buku Kita

Willis, Sofyan S. 2017. Konseling Individu Teori dan Praktek. Bandung : Alfabeta

Yuwanto, Listo. 2019. Metode Penelitian Eksperimen edisi 2. Yogyakarta : Graha Ilmu

Downloads

PlumX Metrics

Published

2021-07-09