HUBUNGAN ANTARA LITERASI PENGGUNAAN GADGET DENGAN SIKAP SOSIAL SISWA DI SEKOLAH PADA SISWA KELAS XI IPS 2 SMA N 6 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019.

Authors

  • nur aida tirtin istiqomah
  • Hera Heru Sri Suryanti universitas slamet riyadi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara literasi penggunaan gadget dengan sikap sosial siswa di sekolah pada siswa kelas XI IPS 2 SMA N 6 Surakarta tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Metode observasi digunakan sebagai pengamatan dasar sebelum dilakukan penelitian, metode angket digunakan untuk pengumpulan data tentang literasi penggunaan gadget dengan sikap sosial, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data selama kegiatan penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS 2 SMA N 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 35 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan berjumlah 35 siswa kelas XI IPS 2 SMA N 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Untuk menganalisis data digunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistic menunjukkan bahwa sebesar 0,534.Selanjutnya nilai tersebut dikonsultasikan dengan dengan N = 35 pada taraf signifikansi 5% yaitu 0,334. Sehingga lebih besar dari atau 0,534>0,334. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa “ada hubungan antara literasi penggunaan gadget dengan sikap sosial siswa di sekolah pada siswa kelas XI IPS 2 SMA N 6 Surakarta tahun pelajaran 2018/2019” diterima kebenarannya pada taraf signifikansi 5%. Kata kunci : Literasi Penggunaan Gadget, Sikap Sosial Siswa

References

Burhan Bungin. 2009. Metodologi Penelitian Kuantitatif.

Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Deni Dermawan. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

I’anatut Thoifah. 2015. Statitiska Pendidikan dan Metode Penelitian Kuantitatif.

Malang: Cita Intrans Selaras.

Nyi Mas Diane. 2017. Didiklah Anak Sesuai Zamannya

(Mengoptimalkan Potensi Anak di Era Digital. Jakarta: PT.Visimedia.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Bandung:CV.Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta:PT.RinekaCipta.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2020-12-02

Issue

Section

Artikel