PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI METODE BERMAIN TEAMWORK PADA SISWA KELAS X IPA 1 SMA NEGERI 1 KLATEN

Authors

  • Abdul Hadi

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Klaten melalui metode bermain kerja tim. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode kuesioner data dengan motivasi belajar. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif. Studi menggunakan beberapa permainan, antara lain kembali ke belakang dan semua berdiri, tali kusut, lihat kaki kita, dan naga buta dapat meningkatkan motivasi siswa. Ini dibuktikan dengan perolehan rata-rata pre-test dari 59,4% menjadi 72,9% pada siklus pertama dan 78,4% pada siklus kedua. Dari hasil, penelitian dibayar kembali karena kriteria keberhasilan yang ditargetkan 76% terlampaui.

Kata Kunci: Bermain Teamwork, Motivasi Belajar

References

Daftar Pustaka

Eko Abdul Surozaq. (2010). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Berprestasi Kurang (Underachiever) melalui Penerapan Konseling Kelompok Realita di Kelas X – D SMA Negeri 3 Tuban. Laporan Penelitian. SMA Negeri 3 Tuban.

Erni Setyani. (2012). Peningkatan Kecerdasan Emosional melalui Metode Bermain Teamwork pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Depok Yogyakarta. Skripsi. FIP –UNY

Farida Harahap dan Kartika Nur Fathiyah. (2009). Efektivitas Bimbingan Belajar Kelompok terhadap Percepatan Penyelesaian Skripsi pada Mahasiswa BK FIP UNY. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. Volume 2 No. 2.

Hurlock, E. B. (1991). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. (Alih bahasa: Iswiayanti & Soedjarwo). rev. ed. Jakarta: Erlangga.

Muhammad Nur Wangid. (2007). Bimbingan Belajar. Bahan Diklat. Profesi Guru Sertifikasi Guru Rayon 11 DIY & Jateng. DEPDIKNAS-UNY.

Nashar, H. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Sardiman, A.M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. rev.ed. Jakarta: Radjawali.

Sudjana. (2005). Strategi Pembelajaran. Bandung: Falah Production.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktek.rev.ed. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

PlumX Metrics

Published

2019-03-18

Issue

Section

Artikel