HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG PENTINGNYA BIMBINGAN KONSELING DENGAN MINAT BERKONSELING PADA SISWA KELAS X IPA DI MAN 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • Nindita Ayu Agustina & Dr. Hera Heru Sri Suryani, M.Pd

Abstract

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara persepsi siswa tentang pentingnya bimbingan konseling dengan minat berkonseling pada siswa kelas X IPA di MAN 1 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X IPA di MAN 1 Surakarta Tahun pelajaran 2017/2018 berjumlah 181 siswa. Sampel sebesar 30% dari populasi yaitu 36 responden dengan teknik simple random sampling. Penelitian ini merupakan tergolong penelitian kuantitatif pengumpulan datanya melalui instrumen penelitian berupa populasi dan sampel serta hasilnya diperoleh melalui prosedur statistik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data persepsi siswa tentang pentingnya bimbingan konseling dengan minat berkonseling pada siswa, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data siswa. Untuk menganalisis data digunakan rumus kolerasi product moment person.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan ada hubungan antara persepsi siswa tentang pentingnya bimbingan konseling dengan minat berkonseling yang didasarkan pada r hitung sebesar 0,723. Nilai r hitung tersebut, selanjutnya dikonsultasikan dengan r tabel dengan N = 36 pada taraf signifikansi 5% dan 1% diperoleh 0,329 < 0,723 > 0,424. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa “ada hubungan antara persepsi siswa tentang pentingnya bimbingan konseling dengan minat berkonseling pada siswa kelas X IPA di MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018” diterima kebenarannya baik pada taraf signifikansi 5% dan 1%.
Kata Kunci : Persepsi siswa tentang pentingnya bimbingan konseling, Minat berkonseling

References

DAFTAR PUSTAKA

Bimo Walgito. 2010. Bimbingan Konseling Studi dan Karier. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

______. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Fuad Ihsan. 2005. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Handoko Wahyudin. 2013. Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Guru Bimbingan Dan Konseling (BK) Dengan Minat Untuk Melakukan Konseling Di Sekolah SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Skripsi. Universitas Islam Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.

Samsudi. 2009. Disain Penelitian Pendidikan. Semarang: UNNES PRES.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

______. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Sulis Styowati dkk. 2013. Hubungan Antara Persepsi Siswa terhadap Pribadi Konselor dan Fasilitas BK dengan Minat Siswa Untuk Memanfaatkan Layanan Konseling Di Sekolah. Jurnal BK UNESA. Vol. 03, No.1.

Tantri Wahyuni. 2011. Hubungan Antara Persepsi Tentang Layanan Bimbingan Konseling Dan Minat Berkonsultasi Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Pekanbaru. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim: Riau.

PlumX Metrics

Published

2019-03-18

Issue

Section

Artikel