KEEFEKTIFAN KONSELING CBT TEKNIK SELF INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER KUAT DAN CERDAS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SLAMET RIYADI
Abstract
Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan karakter kuat dan cerdas padamahasiswa melalui teknik self instruction. Metode penelitan menggunakan eksperimen
dengan rancangan nonequivalent group pretest-postest control design. Subyek penelitian
adalah mahasiswa FKIP UNISRI. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Nilai
signifikansi kelompok eksperimen sebesar 0,005 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima,
artinya layanan konseling kelompok CBT teknik self instruction efektif untuk meningkatkan
karakter kuat dan cerdas mahasiswa Universitas Slamet Riyadi.
Kata Kunci : Konseling, Self instruction, Karakter
Downloads
Published
2019-02-08
Issue
Section
Artikel
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.