EFEKTIFITAS LAYANAN INFORMASI TENTANG PENDIDIKAN SEKS UNTUK MENGATASI PENYIMPANGAN PERILAKU SEKSUAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/201

Authors

  • Suyanti Suyanti

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah layanan informasi dapat mengatasi penyimpangan perilaku seksual pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016.
Subyek penelitian ini 1 orang siswi, untuk dilakukan tindakan secara konseling individu, sedangkan objek penelitiannya adalah penyimpangan perilaku seksual siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dan teknik pengumpulan datanya yaitu dengan observasi, wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah bentuk analisis interaktif mengalir.
Berdasarkan hasil penelitian dan pengumpulan data dengan pemberian layanan informasi yang dilakukan melalui observasi, wawancara (interview) maupun melihat dokumentasi, kemudian hasilnya dianalisis maka dapat disimpulkan bahwa evaluasi pada tindakan I pada minggu ke 4 Mei 2016, belum menunjukkan perubahan positif yaitu siswa masih sering menonton film dewasa, masih sering keluar saat pelajaran berlangsung, berarti tindakan I belum berhasil. Tindakan II pada minggu ke 2 bulan Juni 2016, hasilnya menunjukkan perubahan positif, tetapi frekuensi masih tinggi yaitu turunnya frekuensi menonton film dewasa, foto yang seronok, mengurangi frekuensi keluar kelas saat pelajaran maka tindakan tahap II dapat dikatakan masih kurang berhasil meskipun telah mengalami penurunan. Maka dilakukan tindakan III pada minggu ke 3 Juni 2016, hasilnya ada perubahan yang signifikan pada diri siswa. Perubahan nampak adanya penurunan frekuensi menonton film dewasa dan keluar kelas saat pelajaran berlangsung. Kesimpulannya, layanan informasi efektif untuk menangani kasus penyimpangan perilaku seksual pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016.
Kata kunci : Layanan Informasi, Penyimpangan perilaku, Studi kasus.

PlumX Metrics

Published

2018-05-07

Issue

Section

Artikel