PEMANFAATAN LIMBAH LERI BERAS (HITAM, MERAH, PUTIH) UNTUK PEMBUATAN NATA DE LERI DENGAN FAKTOR LAMA FERMENTASI

Authors

  • Suratmiyati, Akhmad Mustofa & Linda Kurniawati

DOI:

https://doi.org/10.33061/jitipari.v1i2.1524

Abstract

Nata merupakan makanan yang banyak digemari masyarakat, yang selama ini dibuat dari air kelapa.Tetapi air kelapa semakin lama semakin sulit untuk didapatkan. Selama ini setiap keluarga menghasilkan limbah leri yang dihasilkan dari pencucian beras yang akan dikonsumsi setiap harinya. Tetapi limbah leri oleh masyarakat hanya dibuang karena dinilai tidak mempunyai nilai ekonomis. Dalam air limbah leri masih mengandung karbohidrat jenis pati sebanyak 85-90%. Jenis karbohidrat dalam beras berupa pati dapat terbuang bersama air ketika proses pencucian. Kandungan karbohidrat ini memenuhi syarat pertumbuhan bakteri Acetobacter sp. dalam pembuatan Nata. Bakteri akan mensintesis selulosa dari karbohidrat yang terkandung dalam air cucian beras sehingga dihasilkan Nata de Leri.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama yaitu jenis beras hitam, merah, dan putih. Faktor kedua yaitu lama fermentasi 8, 10, 12, 14 hari. Hasil penelitian menunjukkan kombinasi perlakuan jenis beras merah dengan lama fermentasi 14 hari adalah yang terbaik yang memiliki kadar air 97,48%; kadar abu 0,048%; kadar serat 2,57%, dan kadar gula yang dimanfaatkan dalam proses fermentasi 5,64%; ketebalan nata 0,61 cm; berat nata 521 gram; tekstur 28,85 mm/g; cairan sisa fermentasi 100 ml serta warna nata de leri coklat muda.
Kata Kunci : Leri, Nata de leri, jenis beras, lama fermentasi

Downloads

PlumX Metrics

Published

2017-03-21

How to Cite

Linda Kurniawati, S. A. M. &. (2017). PEMANFAATAN LIMBAH LERI BERAS (HITAM, MERAH, PUTIH) UNTUK PEMBUATAN NATA DE LERI DENGAN FAKTOR LAMA FERMENTASI. JITIPARI (Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Industri Pangan UNISRI), 1(2). https://doi.org/10.33061/jitipari.v1i2.1524

Issue

Section

Artikel