TINGKAT PEMAHAMAN GURU PAUD DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013

Authors

  • Nur Latifa Tunafsyiah
  • Suhartini Nurul Azminah STKIP Bina Insan Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.33061/jai.v5i2.4630

Keywords:

Implementasi, Kurikulum 2013, Pengertian Guru PAUD

Abstract

This study aims to understand PAUD teachers' understanding of the 2013 curriculum and implement it in learning. This research uses descriptive qualitative research. Sources of data in this study are informants of TK Bina Tunas Bangsa Kindergarten and administrative documents. The research data is analyzed by means of data reduction, data display and data verification / examination (conclusion drawing). From the data analysis carried out, it was concluded that the level of understanding of the Bina Tunas Bangsa Kindergarten teacher's understanding of the curriculum 2013 was good including understanding the understanding and structure of the curriculum 2013. Understanding in implementing the curriculum 2013 was also good with the existence of an appropriate RPPH, implementing learning according to children's development , the use of a scientific approach in the implementation of learning, assessment using the curriculum 2013 assessment. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memahami dalam pemahaman guru PAUD mengenai kurikulum 2013 dan mengimplementasikannya dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang ada dalam penelitian ini adalah informan guru TK Bina Tunas Bangsa dan dokumen-dokumen adminitrasi. Data penelitian ini diolah secara analisis dengan reduksi data, penyajian data (display) dan verivikasi/ pemeriksaan data (conclusion drawing). Dari analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa tingkat pemahaman guru paud TK Bina Tunas Bangsa tentang kurikulum 2013 sudah baik meliputi pemahaman pengertian dan struktur kurikulum 2013. Pemahaman dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 juga sudah baik dengan adanya RPPH yang sudah sesuai, pelaksanaan pembelajaran sesuai perkembangan anak, penggunaan pendekatan saintifik dalam pelaksanaan pembelajaran, penilaian dengan menggunakan penilaian kurikulum 2013.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Zainal.2014. Penelitian Pendidikan : Metode dan Paradigma Baru. Bandung : Remaja Rosdakarya

Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Azis, Rosmiaty. 2018.”Implementasi Pengembangan Kurikulum”. Jurnal Inspiratif Pendidikan. Vol 7 (1): hal. 44-50

Christianti, Martha. 2012.“Profesionalisme Pendidik Anak Usia Dini”. Jurnal Pendidikan Anak. Vol. 1 (1): hal. 112-120

Dirjen PAUD.2015.Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum 2013. Jakarta:Direktorat Pembinaan Anak Usia Dini

Dirjen PAUD.2015. Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).Jakarta:Direktorat Pembinaan Anak Usia Dini

Dirjen PAUD.2015. Penilaian Pembelajaran. Jakarta:Direktorat Pembinaan Anak Usia Dini

Dirjen PAUD.2015. Penyusuna Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jakarta:Direktorat Pembinaan Anak Usia Dini

Iskandar, Beni., Hidayat, Rahmat . 2017. Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : PPPPTK dan PLB Bandung

Mulyadi, Agus., Supriatna, Dadang. 2016.Modul Guru Pembelajar Taman Kanak-Kanak Kelompok Kompetensi J. Bandung : PPPTK dan PLB Bandung

Noviana, Dwi., Nisa, Titin Faridatun., Karim, Muhammad Busyro.2019. “Tingkat Pengetahuan Guru PAUD Tentang Kurikulum 2013”. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo. Vol. 6 (2): hal. 114-124

Satori, Djam’an. 2017. Profesi Keguruan. Jakarta : Universitas Terbuka

Undang-undan nomor 14 tahun 2005 tentang sistem pendidikan nasional

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional

PlumX Metrics

Published

2021-01-04

How to Cite

Tunafsyiah, N. L., & Azminah, S. N. (2021). TINGKAT PEMAHAMAN GURU PAUD DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013. JURNAL AUDI : Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 5(2), 129–142. https://doi.org/10.33061/jai.v5i2.4630