HUBUNGAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM LINGKUNGAN KELUARGA DAN MASYARAKAT DENGAN SIKAP KEMANDIRIAN PADA SISWA KELAS VIII SMP N 23 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Authors

  • Natalia Devira Noi Bouk

DOI:

https://doi.org/10.33061/glcz.v2i2.1567

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Hubungan pendidikan karakter dalam lingkungan keluarga dengan sikap kemandirian pada siswa kelas VIII SMP N 23 Surakarta tahun 2016/2017; 2). Hubungan pendidikan karakter di lingkungan masyarakat dengan sikap kemandirian pada siswa kelas VIII SMP N 23 Surakarta tahun 2016/2017; 3). Hubungan pendidikan karakter dalam lingkungan keluarga dan masyarakat dengan sikap kemandirian pada siswa kelas VIII SMP N 23 Surakarta tahun 2016/2017.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Surakarta. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik angket. Angket digunakan untuk mengumpulkan data tentang pendidikan karakter lingkungan keluarga, pendidikan karakter lingkungan masyarakat serta sikap kemandirian. Dalam penelitian ini validitas yang dicari adalah validitas eksternal dan reliabilitas yang dicari adalah reliabilitas internal. Teknik analisis
data yang digunakan adalah teknik korelasi ganda.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai Fhitung sebesar 6,01. Kemudian
dikonsultasikan dengan Ftabel taraf signifikan 5% sebesar 3,33. Berarti nilai Fhitung = 6,01
> Ftabel = 3,33. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan “Ada hubungan yang
positif dan signifikan antara pendidikan karakter dalam lingkungan keluarga dan
masyarakat dengan sikap kemandirian pada siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Surakarta
Tahun Ajaran 2016/2017”, terbukti kebenarannya.
Kata kunci: Pendidikan Karakter, Lingkungan Keluarga, Masyarakat, Sikap
Kemandirian.

PlumX Metrics

Published

2017-07-22

Issue

Section

Artikel