PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH 8 MENINGKATKAN SISWA MENGOPERASIKAN MICROSOFT WORD MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SMP NEGERI 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • Arif Wicaksono
  • Siti Supeni
  • Yudhistiro Pandu W

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk mempermudah guru mengajar dan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengoperasikan Microsoft Word pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMP Negeri 7 Surakarta menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash 8. Metode penelitian adalah penelitian R&D (Research and Development). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara dan angket. Penelitian dilakukan dengan empat tahapan utama: analisis, perancangan, produksi dan evaluasi. Tahap desain dihasilkan produk awal di review oleh ahli materi dan ahli media, kemudian dilakukan revisi sesuai dengan saran kedua ahli. Pada tahap evaluasi, produk diuji cobakan kepada siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta dengan angket, skor diberikan dalam skala 1 – 5. Data dianalisa untuk melakukan revisi produk. Hasil penelitian: (1) Media pembelajaran telah melalui langkah sistematis penelitian pengembangan yang meliputi tahap: analisis, perancangan, produksi dan evaluasi. (2) Media pembelajaran telah di validasi oleh ahli materi dan ahli media sesuai tahap-tahap pengembangan. Kualitas media pembelajaran berdasarkan hasil uji coba pada siswa, tergolong dalam kategori baik. Dengan rata-rata skor yaitu kelas VIII A dan VIII H mendapat rata-rata skor 3,7. Selanjutnya kelas VIII B, VIII C, VIII D, VIII E dan VIII G mendapat rata-rata skor 3,8. Sedangkan untuk kelas VIII F mendapat rata-rata tertinggi dengan skor 3,9. Dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran ini dapat dipakai dalam proses pembelajaran bagi siswa SMP Negeri 7 Surakarta kelas VIII.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Macromedia Flash 8

References

Arsyad, A. 2016. Media Pembelajaran, edisi revisi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Borg, W.R., Gall, M.D., Gall Joyce P. 2007. Educational Research An Introduction. Boston: Allyn and Bacon.

Chee, Tan Seng & Angela. F.L. Wong. (2003). Teaching and Learning with Technology; An Asia-Pacific Prespective. Singapore: Prentice Hall.

Hakim, Lukman. 2004. Cara Ampuh Menguasai Macromedia Flash MX 2004. Jakarta: PT. Gramedia.

Madcoms. 2004. Seri Panduan Lengkap Macromedia Flash MX 2004. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Pandia, Henry. 2009. Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Jilid 2 (Edisi Revisi) Untuk SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: C.V Alfabeta.

Sukardjo. 2005. Evaluasi Pembelajaran. Diklat Mata Kuliah Evaluasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta Program Studi Teknologi Pembelajaran.

Jurnal. Abdur Rahman. 2007. Pengembangan Media Pembelajaran Aksara Jawa Dengan Macromedia Flash MX. Universitas Negeri Semarang.

Skripsi. Sudaryanto. 2010. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Program Macromedia Flash MX 2004 Untuk Memotivasi Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

PlumX Metrics