PERENCANAAN DAN PERANCANGAN MESIN PERAJANG GRUBI SEMI OTOMATIS DENGAN PISAU TIPE INSERT CUTTER SYSTEM SEBAGAI MEDIA PENCACAH UNTUK UMKM DI KABUPATEN KARANGANYAR

Authors

  • Haikal Haikal Akademi Teknologi Warga Surakarta
  • Agung Supriyanto
  • Nur Cholis
  • Yoga Imam Malik
  • Aris Setiyawan

DOI:

https://doi.org/10.33061/awpm.v4i1.3547

Abstract

Umbi merupakan jenis tumbuhan yang sering diolah dan dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia. Dengan perkembangan jaman hingga saat ini, olahan ketela rambat semakin banyak, salah satunya adalah grubi. Kabupaten karanganyar tepatnya di tawangmangu banyak UMKM yang memproduksi grubi atau walangan. Pembuatan grubi dilakukan dengan cara sederhana, yaitu dengan dirajang manual menggunakan pisau. Tujuan dari perancangan mesin ini adalah untuk menghasilkan desain mesin perajang grubi semi otomatis dengan pendorong pegas.Tahapan dalam perancangan mesin perajang grubi semi otomatis ini terdiri dari ide perancangan, pengumpulan data dan bahan, perancangan desain, perhitungan komponen, pemotongan, perakitan, pengujian dan analisa mesin. Hasil perhitungan mesin perajang grubi semi otomatis menunjukkan bahwa kapasitas perajangan berkisar 30 kg/jam. Mekanisme pencacah menggunakan insert cutter system sebagai media pencacah dengan dimensi pelat dudukan pisau 45x170x5 mm. Hasil perajangan yang optimal diperoleh antara 90% sampai 95% pada sudut mata pisau 3° dengan jumlah cutter  penyayat sebanyak 83 buah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Batubara, Hafzoh. (2014). Rancang Bangun Mesin Perajang Singkong Untuk Meningkatkan Efisiensi Waktu Perajangan Dan Menurunkan Keluahan Musculoskeletal. Elkha, 6(1).

Haikal, Agung Supriyanto, Cholis, Nur, Malik, Yoga Imam, & Setiyawan, Aris. (2019). Pengaruh Jumlah Dan Sudut Pemasangan Cutter Terhadap Kualitas Hasil Rajangan Pada Mesin Perajang Grubi Untuk Umkm Di Kabupaten Karanganyar. Senadimas.

Koswara, Sutrisno. (2013). Teknologi Pengolahan Umbi-Umbian. Bogor: Research And Community Service Institution Ipb.

Lutfi, Musthofa, Setiawan, Sigit, & Nugroho, Wahyunanto A. (2010). Rancang Bangun Perajang Ubi Kayu Pisau Horizontal. Rekayasa Mesin, 1(2), 41-46.

Mursidi, Raden. (2015). Desain Perajang Serbaguna Dengan Tipe Blade Slideng Dan Sistem Transfer Tenaga Semi Mekanis Dan Mekanis. Paper Presented At The Prosiding Seminar Agroindustri Dan Lokakarya Nasional Fkpt-Tpi.

Putro, Eko. (2010). Perbaikan Rancangan Alat Pemotong Singkong Dengan Mekanisme Pedal Kaki Untuk Meningkatkan Produksi Dengan Prinsip Ergonomi. Uns.

Saptianuri, Rinda. (2011). Analisis Usaha Agroindustri Keripik Ketela Ungu Di Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar.

Teguh, Wiyono. (2012). Peningkatan Pendapatan Umkm Produksi Grubi Dan Tela-Tela Melalui Rekayasa Mesin Perajang Nya Di Tawangmangu, Karanganyar. Majalah Online Politeknosains.

PlumX Metrics

Published

2020-05-09

How to Cite

Haikal, H., Supriyanto, A., Cholis, N., Imam Malik, Y., & Setiyawan, A. (2020). PERENCANAAN DAN PERANCANGAN MESIN PERAJANG GRUBI SEMI OTOMATIS DENGAN PISAU TIPE INSERT CUTTER SYSTEM SEBAGAI MEDIA PENCACAH UNTUK UMKM DI KABUPATEN KARANGANYAR. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.33061/awpm.v4i1.3547

Issue

Section

Artikel