Pengembangan UKM Batik Desa Pilang Melalui Pemasaran Online

Authors

  • Asri Laksmi Riani
  • Edi Kurniadi
  • Mohammad Cholil
  • Atmaji, Susan Dwi Cahyaningrum

DOI:

https://doi.org/10.33061/awpm.v3i2.3368

Abstract

Program pengabdian dilakukan pada sentra UKM Batik di desa Pilang Kabupaten Sragen. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk pengembangan UKM dalam peningkatan pangsa pasar melalui aspek pemasaran online. UKM Batik desa Pilang memiliki masalah pada jumlah permintaan yang stagnan, padahal kapasitas produksi masih belum beroperasi dengan maksimal. Dari hasil diskusi antara tim pengabdian dan masyarakat dapat diindikasikan bahwa UKM masih belum memaksimalkan media promosi dan periklanan.

Metode pengabdian yang dilakukan melalui pelatihan peningkatan pengetahuan dan praktik pemasaran multichanel dengan menggunakan sosial media. Luaran dari kegiatan pengabdian ini adalah: 1. Meningkatnya pemahaman dan kreatifitas UKM Batik dalam pemanfaatan sosial media sebagai media promosi, 2. UKM Batik mampu mengelola berbagai media promosi berbasis online.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BAPPEDA Kabupaten Sragen 2012

Cesaroni FM and Consoli D. (2015). “Are Small Businesses Really Able to Take Advantage of Social Media?” The Electronic Journal of Knowledge Management Volume 13 Issue 4, pp. 257-268

Hariyanto., Eko, Purnomo., Ratno,dan Bawono, Icuk. (2011). Desain Pelatihan, Dukungan Organisasional, Dukungan Supervisor dan Self-Efficacy Sebagai Faktor Penentu Keefektifan Transfer Pelatihan. Jurnal Siasat Bisnis. Vol 15 no 2, page 213-227.

Kumar, V., & Venkatesan, R. (2005). Who are the multichannel shoppers and how do they perform?: Correlates of multichannel shopping behavior. Journal of Interactive Marketing, 19(2), 44–62.

Kumar., Prem, Vikas Kumar, dan Jitendra Mishra. (2015). A prospective study on online marketing of Small and Medium enterprises (SMEs) of services sector in India. International Journal of Applied Research 2015; 1(9). Page. 910-914.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-12-28

How to Cite

Riani, A. L., Kurniadi, E., Cholil, M., & Susan Dwi Cahyaningrum, A. (2019). Pengembangan UKM Batik Desa Pilang Melalui Pemasaran Online. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 127–132. https://doi.org/10.33061/awpm.v3i2.3368

Issue

Section

Artikel