Peningkatan Budaya Belajar-Mengajar Dan Reputasi Sekolah Melalui Penerapan Sistem Monitoring Pembelajaran Online

Authors

  • Rudi Walujo Prastianto
  • Mahmud Mustain
  • Herman Pratikno
  • Handayanu Handayanu
  • Dwi Purnomo H, Zuhud Ubaidillah & Miftakh D.S

DOI:

https://doi.org/10.33061/awpm.v3i2.3350

Abstract

Inovasi teknologi untuk pendidikan mutlak dibutuhkan di era Revolusi Industri 4.0, karena teknologi digital dapat memberikan solusi terhadap permasalahan masyarakat di sektor pendidikan. Fleksibilitas, efektifitas dan efisiensi penggunaan teknologi yang tepat dapat menembus ruang dan waktu dalam menjembatani komunikasi antar para pemangku kepentingan dalam proses pendidikan. Penerapan sistem monitoring pembelajaran online sebagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh Departemen Teknik Kelautan FTK-ITS dengan mitra sekolah Al Uswah Surabaya, menjadi solusi terhadap sistem yang masih konvensional yang kurang efektif dan efisien serta rentan terhadap ketidakakuratan akibat kesalahan manusia. Pada akhirnya, dengan sistem ini dapat memperbaiki pelayanan dan kinerja, sehingga efektivitas dan efisiensi proses tersebut meningkat. Parameter penting yang direkam menjadi database oleh sistem monitoring pembelajaran terkait kehadiran siswa, kehadiran guru dan durasi waktu proses belajar mengajar dapat dianalisis secara statistik deskriptif. Fitur sistem yang mampu diakses orang tua siswa, bahkan dapat menjadi media promosi untuk meningkatkan reputasi sekolah serta peran serta orang tua/wali siswa dalam mendukung kesuksesan kegiatan pendidikan. Sistem elektronik ini tidak akan memberikan hasil optimum jika tidak diiringi dengan perubahan pemahaman dan perbaikan budaya belajar mengajar guru, siswa, serta manajemen sekolah. Atau sebaliknya, dengan kehadiran sistem ini secara tidak langsung dapat memaksa untuk terjadinya perubahan budaya belajar-mengajar ke arah yang lebih baik secara bertahap. Dalam penelitian ini parameter penting terkait kegiatan proses belajar mengajar selanjutnya dianalisis untuk menemukan hubungan yang mendukung hipotesis terkait peningkatan budaya belajar mengajar dan reputasi sekolah melalui penggunaan sistem berbasis teknologi komunikasi dan informasi ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anand, S., Kamal, B., Sheeja, S., Praphul, P., (2016). Attendance Monitoring in Classroom Using Smartphone & Wi-Fi Fingerprinting.

Ardhana, W. Pembelajaran Unggul, 1997.

Budiningsih, A. C, 2005. Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta: Jakarta.

Firdaus., A., (2011). Rancang Bangun Sistem Monitoring Perkuliahaan Berbasis Web di Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya.

Kurnia I. H., 2013. Strategi Humas dalam Meningkatkan Reputasi Sekolah (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Surakarta). Jupe UNS, Vol. I, No. 2, Hal 1 s/d15.

Puspitasari, S.N. 2016. Teknologi Atasi Masalah Pendidikan, (online), (https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/2016/10/13/teknologi-atasi-masalah-pendidikan-382126), diakses 13 Agustus 2019

Sagala, S., 2013. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta, CV.

Sudrajat, A, 2011. "Mengapa Pendidikan Karakter?", Jurnal Pendidikan Karakter.

Supriyanto, A, 1997. Jurnal Ilmu Pendidikan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Di Daerah Diseminasi, November 1997, Jilid 4, IKIP, 1997: 225.

Umaedi, 1999. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Direktur Pendidikan Menengah dan Umum.

Wenda, P., dkk,. (2013). Sistem Informasi Monitoring Perkuliahan Berbasis Web Di Stmik Sinar Nusantara Surakarta.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-12-26

How to Cite

Prastianto, R. W., Mustain, M., Pratikno, H., Handayanu, H., & Miftakh D.S, D. P. H. Z. U. &. (2019). Peningkatan Budaya Belajar-Mengajar Dan Reputasi Sekolah Melalui Penerapan Sistem Monitoring Pembelajaran Online. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1–7. https://doi.org/10.33061/awpm.v3i2.3350

Issue

Section

Artikel