PENGGUNAAN METODE WHOLE BRAIN TEACHING PADA PROSES PEMBELAJARAN DI TAMAN KANAK-KANAK

Authors

  • Lusiana Dewi Kusumayati & Sumardiono

DOI:

https://doi.org/10.33061/awpm.v2i2.2520

Abstract

Pengabdian ini dilaksanakan berdasarkan kebutuhan para guru di TK Negeri Gemolong akan variasi metode pembelajaran yang diterapkan oleh para guru TK Negeri Gemolong. TK Negeri Gemolong terus melakukan pengembangan baik fasilitas maupun SDM. Salah satu upaya yang dilakukan pihak sekolah yaitu menjalin kerjasama dengan tim pengabdian Program Studi Bahasa Inggris UNISRI untuk mengadakan workshop tentang metode pembelajaran. Metode pembelajaran merupakan salah satu kunci keberhasilan proses pembelajaran. Metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak-anak dan secara bervariasi diimplementasikan di kelas membuat anak-anak belajar tanpa beban dan tidak mudah bosan. Metode pelaksanan pengabdian dilakukan dengan cara ceramah dan praktek latihan menggunakan metode Whole Brain Teaching dengan rekan sejawat. Tim pengabdian UNISRI memberikan teori dalam bentuk ceramah, memberi contoh penerapan Whole Brain Teaching di kelas, kemudian para guru diminta menirukan dan mempraktekkan penerapan metode tersebut. Hasil dari pengabdian ini diharapkan bahwa kesadaran akan pentingnya penggunaan metode yang tepat dapat meningkat. Para guru dapat menggunakan metode Whole Brain Teaching sebagai salah satu metode alternatif yang dapat diterapkan dikelas.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Whole Brain Teaching, Taman Kanak-Kanak

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published

2018-12-31

How to Cite

Sumardiono, L. D. K. &. (2018). PENGGUNAAN METODE WHOLE BRAIN TEACHING PADA PROSES PEMBELAJARAN DI TAMAN KANAK-KANAK. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.33061/awpm.v2i2.2520

Issue

Section

Artikel