MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN DAN TEHNIK MERAIH KEUNGGULAN KOMPETITIF BAGI UKM(PADA MUDA MUDI KARANG TARUNA DESA JATI KECAMATANMASARAN KABUPATEN SRAGEN)

Authors

  • Erni Widajanti & Suprayitno

DOI:

https://doi.org/10.33061/awpm.v2i2.2502

Abstract

Kegiatan penyuluhan ini dilakukan bagi muda mudi Karang Taruna Desa Jati Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen.. Kegiatan ini dilaksanakan pada 7 April 2018 jam 19.00 WIB, bertempat di Balai Desa Jati, Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen. Dengan judul: ”Penyuluhan tentang Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan pada muda mudi Karang Taruna Desa Jati Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen. Luaran dari kegiatan dari ini diharapkan dapat: 1. Meningkatkan pengetahuan muda mudi Karang Taruna Desa Jati Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen.tentang konsep-konsep kewirausahaan agar mereka memiliki pengetahuan yang benar tentang kewirausahaan, sehingga tidak ada kesalahan persepsi tentang kewirausahaan. 2. Membekali muda mudi Karang Taruna Desa Jati Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen.wawasan tentang bagaimana mengelola usaha untung mebcapai keunggulan kompetitif. Kegiatan yang akan dilakukan meliputi: 1. Pemilihan peserta pengabdian pada masyarakat, yaitu, Muda mudi Karang Taruna Desa Jati Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen. 2. Penyampaian materi penyuluhan, 3. Pelaksanaan evaluasi. Evaluasi yang akan dilakukan dengan cara: sebelum penyuluhan dilakukan tanya jawab untuk mengetahui pengetahuan awal dari peserta tentang wirausaha dan cara mengelola usaha kecil, setelah penyuluhan selesai, dilakukan tanya jawab lagi tentang materi yang sama. Dengan membandingkan hasil jawaban yang telah dilakukan, maka akan diketahui apakah ada peningkatan pengetahuan tentang wirausaha.
Kata Kunci: Kewirausahaan dan keunggulan kompetitf.
PENDAHULUAN
Jati merupakan sebuah dusun di desa Pilang, kecamatan Masaran, kabupaten Sragen, provinsi Jawa Tengah, negara Indonesia. Dusun ini terletak di bagian utara desa Pilang. Merupakan wilayah yang banyak terdapat produsen batik tulis. Desa Jati Merupakan 1 (satu) dari 13 (Tiga belas) Desa di Kecamatan Masaran dan terletak di sebelah Barat ibu kota Kecamatan Masaran dengan jarak 1 (satu) km dan batas wilayah desa:
o Sebelah barat : Desa Kliwonan
o Sebelah timur : Desa Masaran
o Sebelah Utara : Desa Pringanom
o Sebelah Selatan : Desa Karangmalang
Jumlah

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published

2018-12-31

How to Cite

Suprayitno, E. W. &. (2018). MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN DAN TEHNIK MERAIH KEUNGGULAN KOMPETITIF BAGI UKM(PADA MUDA MUDI KARANG TARUNA DESA JATI KECAMATANMASARAN KABUPATEN SRAGEN). Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 51–55. https://doi.org/10.33061/awpm.v2i2.2502

Issue

Section

Artikel