STRATEGI MEMPERTAHANKAN BISNIS RITEL DALAM MEMPERTAHANKAN PERSAINGAN YANG KOMPETITIF KEPADA PARA PEMILIK TOKO RITEL DI WILAYAH CANGAKAN NUSUKAN BANJARSARI SURAKARTA (Strategy to Maintain Retail Business in Maintaining Competitive Competition to Retail Store Owners in Cangakan Nusukan Banjarsari Surakarta)

Authors

  • Marjam Desma Rahadhini & Lamidi

DOI:

https://doi.org/10.33061/awpm.v1i1.1918

Abstract

Kegiatan penyuluhan ini dilakukan kepada para pemilik ritel di wilayah Cangakan, Nusukan, Banjarsari, Surakarta. Luaran dari kegiatan ini adalah: 1) Meningkatnya pengetahuan dan wawasan peserta dalam rangka mempertahankan bisnis ritel dalam menghadapi persaingan yang kompetitif, 2) Meningkatnya pengetahuan peserta dalam manjemen pengelolaan usaha, dimana pelaku harus mampu memisahkan dalam peran manajemen keuangan, manajemen operasional, manajemen sumberdaya manusia dan manajemen pemasaran, agar usahanya tetap eksis, 3) Meningkatnya pengetahuan peserta dalam pemasaran online, karena untuk mendapatkan barang langsung dikirim ke toko, 4) Kegiatan ini dapat berlanjut, sehingga ada prinsip kemitraan antara tim pengabdian dan para pemilik ritel. Kegiatan ini dilakukan dengan tahapan sebagai berikut: 1) Pemilihan peserta pengabdian kepada masyarakat, yaitu pemilik bisnis ritel/kelontong di wilayah Cangakan, Nusukan, Banjarsari, Surakarta, 2) Penyampaian materi penyuluhan tentang bagaimana strategi mempertahnkan bisnis ritel dalam persaingan kompetitif, 3) Pelaksanaan evaluasi. Evaluasi dilakukan dengan cara: sebelum penyuluhan, dilakukan tanya jawab untuk mengetahui pengetahuan awal setiap peserta tentang bisnis ritel/toko kelontong; setelah penyuluhan, dilakukan tanya jawab lagi tentang materi yang sama. Dengan membandingkan hasil jawaban, maka akan diketahui apakah ada peningkatan pengetahuan peserta tentang pengelolaan bisnis ritel dan ruang lingkupnya.
Kata kunci: strategi, bisnis ritel, persaingan yang kompetitif

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published

2024-02-24

How to Cite

Lamidi, M. D. R. &. (2024). STRATEGI MEMPERTAHANKAN BISNIS RITEL DALAM MEMPERTAHANKAN PERSAINGAN YANG KOMPETITIF KEPADA PARA PEMILIK TOKO RITEL DI WILAYAH CANGAKAN NUSUKAN BANJARSARI SURAKARTA (Strategy to Maintain Retail Business in Maintaining Competitive Competition to Retail Store Owners in Cangakan Nusukan Banjarsari Surakarta). Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.33061/awpm.v1i1.1918

Issue

Section

Artikel