Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL

JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT ADI WIDYA

 

Jurnal Adiwidya merupakan jurnal yang memuat publikasi ilmiah dari laporan hasil-hasil Pengabdian kepada masyarakat yang belum pernah diterbitkan di media lain. Jumlah halaman artikel 10 – 20 halaman tidak termasuk daftar gambar dan tabel.

1.

Penyerahan Artikel

 

Artikel diserahkan dalam bentuk hardcopy sebanyak dua rangkap dan softcopy dalam Bentuk microsoft word ke Kantor LPPM Unisri Surakarta.

2.

Persyaratan Artikel

 

Semua artikel akan diedit oleh tim editor yang akan ditunjuk oleh tim redaksi. Isi dan Penggunaan data dalam artikel merupakan tanggung jawab penulis. Cara penulisan artikel harus sesuai dengan format atau pedoman penulisan yang ditentukan.

3.

Bentuk Artikel

 

Artikel dituliskan dalam Bahasa Indonesia dengan memperhatikan berbagai kaidah ragam tulis baku. Artikel memiliki abstrak bahasa Inggris memakai kertas A4: 29,7x 21 cm , dua sisi dengan jenis huruf Times New Roman ukuran front 12 dengan spasi 1,5. Margin atas dan kiri : 2 cm , sementara Margin bawah dan kanan : 2 cm , dan tidak ada catatan kaki dalam artikel.

4.

Format Artikel

 

Judul

Judul ringkas dan jelas, tidak lebih dari 15 kata, memberi gambaran isi artikel dan subjek pengabdian secara ringkas . Hindari singkatan, rumus dan jargon. Setelah judul, dibawahnya berturut-turut dicantumkan nama penulis, institusi penulis , alamat pos penulis utama , serta alamat e-mail penulis utama.

 

Abstrak

Berisi informasi ringkasan alasan dan tujuan pengabdian kepada masyarakat tersebut dilaksanakan, lingkup, metode pelaksanaan, hasil dan kesimpulan. Jumlah kata memuat kurang lebih 200 kata dan hanya satu paragraf, abstrak dalam bahasa Inggris, setelah abstrack dibawahnya dicantumkan kata kunci minimal tiga kata.

 

Pendahuluan

Berisi latar belakang atau alasan mengapa pengabdian kepada masyarakat tersebut dilaksanakan. Jika kegiatan tersebut merupakan pengulangan ataupun pemodifikasian mohon dijelaskan argumentasinya, mengacu pada pustaka yang menjadi landasan atau alasan pengabdian pada masyarakat, serta kemukakan hasil akhir yang diharapkan.

 

Metode Pelaksanaan

Memberikan informasi yang lengkap bagaimana PPM dilakukan mulai dari waktu , lama,tempat, penggunaan alat dan bahan . Cara kerja dan analisa data ditulis secara jelas dan ringkas , bila menggunakan uji statistik cukup dituliskan metodenya saja. Hal tersebut dimaksudkan supaya hal yang sama dapat dilakukan oleh peneliti yang lain.

 

Hasil dan Pembahasan

Bagian ini dijelaskan secara ringkas mengenai apa saja yang diperoleh dari kegiatan PPM yang memuat validitas hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, hubungannya dengan hasil pengabdian yang pernah dipublikasikan , serta mengarah pada pengambilannya kesimpulan. Perlu diperhatikan dalam bagian ini adalah : data terkait dengan tujuan PPM, data yang tidak perlu jangan ditampilkan.

 

Daftar Pustaka

Buku

Endang Kushartanti , Cristina, “Senam Hamil”, Penerbit Lintang Pustaka , Jakarta 2013.

 

Jurnal

M . Irfan , Jemmi Susanti, “ Pengaruh Penerapan Motor Relearning Programme ( MRP)

Terhadap Peningkatan Keseimbangan Berdiri pada Pasien Stroke Hemiplegi “, Jurnal Fisioterapi, Pusat – Pengelola Jurnal Ilmiah UIEU, Vol. 4 No. 2, Desember 20012.

 

Surat Kabar / Majalah

Indra Lesmana , “Quick Diagnosis Mempercepat Penanganan Cedera”, Tabloid Bola, 21 Maret 2010.

 

Situs Internet :

Heru Susetyo, “Menggagas Kota Hak Asasi Manusia”, www.beritaiptek.com , tanggal akses

 

Copyright Notice

  1. Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
  2. Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal PKM dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
  3. Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.