INVENTARISASI HAMA DAN PATOGEN PADA UJI JARAK TANAM DAN DOSIS PUPUK KANDANG PADA TANAMAN GARUT (INVENTARITATION PEST AND PATHOGEN ON)

Penulis

  • Sartono Joko -

Abstrak

Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2013 sampai bulan April 2014 di desa Pranggong, kecamatan Andong, kabupaten Boyolali, dengan ketinggian tempat 400 meter di atas permukaan laut. Tujuan penelitian untuk menginventaris jenis-jenis hama dan patogen beserta gejala yang tampak akibat serangan hama dan patogen serta menghitung intensitas serangan hama dan patogen pada uji jarak tanam dan dosis pupuk kandang terhadap tanaman Garut. Metode penelitian yang digunakan yaitu Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) dengan 12 kombinasi perlakuan dan 3 kali ulangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hama yang dominan yaitu uret dengan tingkat kerusakan tertinggi pada perlakuan jarak tanam 60 x 60 cm dan dosis pupuk kandang 45 ton/ha yaitu 13,333% dan belalang dengan tingkat kerusakan tertinggi pada perlakuan jarak tanam 40 x 40 cm dan tanpa dosis pupuk kandang yaitu 28,333%

##submission.downloads##

PlumX Metrics

Diterbitkan

2014-12-11

Terbitan

Bagian

Artikel