KETAHANAN EKONOMI PETANI DALAM RANGKA MENGATASI GAGAL PANEN PADI DI DESA SIDOHARJO KECAMATAN SIDOHARJO KABUPATEN SRAGEN

Penulis

  • Endang Sri Sudalmi
  • JM Sri Hardiatmi

Abstrak

Inti dari permasalahan dalam penelitian ini adalah ola tanam yang dilakukan petani Sidoharjo, penyebab gagal panen padi dan usaha-usaha yang dilakukan petani untuk memenuhi kebutuhan keluarga pada waktu gagal panen padi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui : (1) Pola tanam ; (2) Penyebab gagal panen padi dan luas garapan yang gagal panen ; dan (3) Usaha-usaha yang dilakukan petani waktu gagal panen padi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Lokasi di Desa Sidoharjo, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Sragen. Pengambilan data dengan wawancara dan pencatatan. Analisis data dengan tabulasi dan dianalisis.

Hasil yang diperoleh dari penelitian :

  1. Pola tanam di Desa Sidoharjo pada tahun 2010-2011 : padi-padi-padi.
  2. Penyebab gagal panen padi pada umumnya karena adanya serangan hama wereng coklat, tikus, gulma dan kekurangan air. Luas garapan yang terserang ada yang 10 – 15 % bahkan ada yang sampai 50 % dari luas garapan.
  3. Usaha-usaha yang dilakukan petani pada waktu gagal panen untuk memenuhi kebutuhan keluarga yaitu dengan : berdagang, buruh serabutan, buruh pabrik bahkan ada yang hutang.

 

Kata Kunci : Ketahanan Ekonomi Petani, Gagal Panen Padi

##submission.downloads##

PlumX Metrics

Diterbitkan

2014-01-13

Terbitan

Bagian

Artikel