PEMBANGUNAN E-COMMERCE UNTUK USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) TANAMAN HIAS (Studi Kasus Sentra UMKM Dian Nurcery dan Mawar Indah, Tawangmangu)

Penulis

  • Umi Salamah, Wiharto & Ristu Saptono

Abstrak

Marketing dalam dunia usaha merupakan garda terdepan dalam mencapai kesuksesan dalam bisnis, hal tersebut tidak terlepas pula dalam bisnis tanaman hias yang di lakukan UMKM sentra Dian Nurcery dan Mawar Indah desa Nglurah kecamatan Tawangmangu. Kedua sentra tanaman hias tersebut menggunakan model pemasaran yang masih konvensional, yaitu hanya melayani pembeli “bakul” untuk kemudian para “bakul” menjual kembali. Para “bakul” hanya berasal dari wilayah sekitar Karanganyar yang datang ke lapak/ruko/rumah UMKM sentra tanaman. Hal tersebut menjadikan jangkauan pemasarannya jadi relatif sempit. Pada penelitian ini membangun model pemasaran secara online berbasis free open source e-commerce (FOSE). Penggunaan media e-commerce menjadikan pangsa pasar menjadi luas karena bisa lintas negara, sehingga diharapkan mampu menambah volumen penjualan tanaman hias kedua sentra. Kesimpulan yang dapat diambil, pembangunan aplikasi e-commerce dapat diselesaikan dengan baik dan dapat di gunakan untuk melayani transaksi penjualan).Keywords: marketing, e-commerce, FOSE, bakul, UMKM.

##submission.downloads##

PlumX Metrics

Diterbitkan

2016-01-29

Terbitan

Bagian

Artikel