ANALISIS BIAYA DAN PENDAPATAN USAHATANI DI DESA JERUK, KECAMATAN SELO, KABUPATEN BOYOLALI COST AND REVENUE ANALYSIS OF THE FARMER IN JERUK VILLAGE,SELO DISTRICT , BOYOLALI REGION

Penulis

  • Endang Sri Sudalmi JM Sri Hardiatmi

Abstrak

Judul penelitian adalah Analisis Biaya Dan Pendapatan Usahatani Di Desa Jeruk Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali.Tujuan dari penelitian ini : 1) untuk menjelaskan pola kombinasi usahatani di Desa Jeruk; 2) untuk menganalisis pendapatan usahatani pada masing-masing kombinasi tanaman di Desa Jeruk; 3) untuk mengetahui apakah usahatani yang dilakukan petani di Desa Jeruk sudah efisien.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif yang memusatkan pada pemecahan masalah sekarang. Pemilihan Desa Jeruk dilaksanakan secara sengaja, karena kebanyakan penduduknya bermata pencaharian sebagai petani sayuran.
Hasil yang diperoleh: 1) pola kombinasi tanaman di Desa Jeruk ada tiga macam yaitu: satu hamparan ditanami dua, tiga dan empat macam jenis tanaman; 2) pendapatan petani yang terbesar pada pola kombinasi tanaman satu hamparan ditanami tiga macam jenis tanaman yaitu sebesar Rp. 22.255.560,- per hektar; dan 3) dari tiga macam pola kombinasi usahatani semua efisien. Angka efisien yang terbesar pada pola kombinasi tanaman satu hamparan ditanami dua macam jenis tanaman yaitu sebesar 10,43.
Kata kunci: biaya, penerimaan, pendapatan usahatani

##submission.downloads##

PlumX Metrics

Diterbitkan

2015-09-22

Terbitan

Bagian

Artikel