ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RS. PANTI WALUYO SURAKARTA

Penulis

  • Anik Tri Palupi
  • SL - Triyaningsih
  • Sunarso - -

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis signifikansi pengaruh : variabel reliability, responsiveness, assurance, empathy dan tangible terhadap kepuasan pasien di RS. Panti Waluyo Surakarta. Populasi pada penelitian adalah 100 pasien rawat inap di RS. Panti Waluyo Surakarta pada periode minggu I & II bulan Januari 2013. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling. Teknik pengumpulan data mengunakan angket melalui uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis mengunakan regresi linear berganda dengan uji asumsi klasik. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan (1) Hipotesis yang menyatakan “Reliability berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien di RS Panti Waluyo Surakarta” sehingga terbukti kebenarannya.(2) Hipotesis yang menyatakan “Responsiveness berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien di RS Panti Waluyo Surakarta” tidak terbukti kebenarannya.(3) Hipotesis yang menyatakan “Assurance berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien di RS Panti Waluyo Surakarta” tidak terbukti kebenarannya.(4) Hipotesis yang menyatakan “Empathy berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien di RS Panti Waluyo Surakarta” terbukti kebenarannya.(5) Hipotesis yang menyatakan “Tangible berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien di RS Panti Waluyo Surakarta” tidak terbukti kebenarannya.

 

Kata kunci:   Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, Tangible dan Kepuasan Pasien

##submission.downloads##

PlumX Metrics

Diterbitkan

2014-01-13

Terbitan

Bagian

Artikel