ANALISIS EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI PEMUNGUTAN PAJAK REKLAME SERTA KONTRIBUSINYA TERHADAP PENERIMAAN PAJAK DAERAH (STUDI KASUS DI DPPKA KOTA SURAKARTA)

Penulis

  • R. Waita Ningrum, Endang Masitoh & Riana R. Dewi

Abstrak

Tujuan penelitian ini adala menganalisis efektivitas penerimaan pajak reklame, menganalisis efisiensi penerimaan pajak reklame dan menganalisis kontribusi pajak reklame terhadap pajak daerah di Kota Surakarta dari tahun 2011-2015. Penelitian menggunakan metode studi kasus, jenis data yang digunakan data kuantitatif, sumber data yang digunakan data skunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan: Efektivitas penerimaan Pajak Reklame di Kota Surakarta dari tahun 2011-2015 yaitu masuk kategori sangat efektif, artinya dalam kurun waktu 2011-2015 realisasi penerimaan Pajak Reklame melebihi target yang ditetapkan. Efisiensi penerimaan Pajak Reklame di Kota Surakarta dari tahun 2011-2015 yaitu masuk kategori sangat efisien, artinya dalam kurun waktu 2011-2015 biaya pemungutan pajak reklame sangat kecil dibandingkan dengan jumlah penerimaan pajak reklame. Kontribusi Pajak Reklame terhadap pajak daerah di Kota Surakarta dari tahun 2011-2015 yaitu memiliki kontribusi yang fluktuatif. Tingkat kontribusi paling tinggi adalah pada tahun 2011 dengan persentase sebesar 7,58%, sedangkan tingkat kontribusi paling rendah ditunjukkan tahun 2014 dengan persentase sebesar 3,14%. Kontribusi Pajak Reklame Terhadap pajak daerah di Kota Surakarta dari tahun 2011-2015 secara rata-rata adalah sebesar 4,46%, jika didasarkan pada kriteria atau indikator penilaian kontribusi, maka penilaiannya masuk kategori sangat kurang.
Kata Kunci : Pajak reklame, efektivitas, efisiensi, kontribusi.

##submission.downloads##

PlumX Metrics

Diterbitkan

2017-09-11

Terbitan

Bagian

Artikel