PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Survei pada Mahasiswa Pengguna Gojek di Universitas Slamet Riyadi Surakarta)

Authors

  • Akmal Muhammad Fauzan Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Sumaryanto Sumaryanto Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Retno Susanti Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33061/jeku.v20i4.4994

Keywords:

service quality, price and satisfaction

Abstract

The purpose of this study was to analyze the significance of the effect of service quality and price on consumer satisfaction of Gojek users. This research is a survey of students of the University of Slamet Riyadi who use Gojek. The study population was an unknown number of consumers using Gojek, Slamet Riyadi University students. A sample of 100 people with a purposive sampling technique. Data collection techniques using kueisoner, observation and literature study. The data analysis technique used multiple linear regression. The results showed that service quality had a significant effect on customer satisfaction. Price has a significant effect on customer satisfaction.

References

Freekley, S, Jantje, L dan Agus, P. 2018. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Air Manado”. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, Vol.6 No.3 Hal. 1658 – 1667.

Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Public. Gaya Media. Yogyakarta

https://inet.detik.com/telecommunication/d-4551389/pengguna-internet-indonesia-didominasi-milenial. Diakses pada 1 April 2020

https://tekno.kompas.com/read/2019/05/16/03260037/apjii-jumlah-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-171-juta-jiwa. Diakses pada 1 April 2020

https://www.gojek.com/tentang-gojek/. Diakses 2 April 2020

https://www.tek.id/tek/gojek-rebranding-dan-kalahkan-grab-soal-pengguna-aktif-bulanan-b1Xj29eZz. Diakses pada 18 April 2020

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. (Alih Bahasa: Bob Sabran). Erlangga. Jakarta.

Kresnamurti, Rivai, Suneni, dan Febrilia, I. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Transportasi Ojek Online Grab”. Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), Vol. 1. No. 10, Hal 204–225.

Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat. Jakarta

Oktarini, Riri. 2019. “Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan”. Ilmiah Ilmu Sekretari/Administrasi Perkantoran. Vol 6. No 2. Hal 1–10.

Peter, J. P., dan Jerry C. Olson. 2014. Consumer Behavior & Marketing Strategy: Perilaku Konsumen dan Strategy Pemasaran. (Alih Bahasa: Diah Tantri). Salemba Empat. Jakarta.

Pratiwi, Intan. 2014. “Analisis Kepuasan Konsumen Berdasarkan Tingkat Pelayanan dan Harga Kamar Menggunakan Aplikasi Fuzzy dengan Matlab 3.5”. Jurnal Ilmiah Teknik Industri. Vol. 4. No. 2. Hal 66-77.

Tjiptono, Fandy. 2012. Service Management Meningkatkan Layanan Prima. Andi Offset. Yogyakarta

Tresiya, D., Djunaidi, D., dan Subagyo, H. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kenyamanaan terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Perusahaan Jasa Ojek Online Go-Jek di Kota Kediri)”. JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi. Vol 1. No 2. Hal 222.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2021-01-21

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>